Posted to Indonesia

Gas Bumi Murah, Komitmen PGN untuk Masyarakat Indonesia

Kondisi perekonomian yang sedang mengalami perlambatan tidak membuat irama PGN melambat juga bahkan semakin agresif membangun infrastruktur gas bumi untuk meningkatkan pemanfaatan produksi gas nasional sehingga masyarakat bisa menikmati gas bumi murah dalam keseharian apa pun profesi mereka.

pgn-bangun-dan-operasikan-78-pipa-gas-di-indonesia-O8b.jpg

Terbukti dari pendapatan bersih PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk  (PGN‎) sebesar US$ 2,16 miliar atau sekitar Rp 28,1 triliun, naik sebesar US$ 17,32 juta sampai September 2016 dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Sedangkan laba operasi PGN selama sembilan bulan tercatat sebesar US$ 394,24 juta, dengan perolehan laba bersih sebesar US$ 241,99 juta atau Rp 3,23 triliun (dengan kurs rata-rata sembilan bulan di tahun ini Rp 13.328 per dolar AS).

Sekretaris Perusahaan PGN Heri Yusup menuturkan, berbagai upaya efisensi adalah kunci utama keberhasilan PGN mempertahankan kinerja baiknya sehingga mampu mencetak laba di tengah kondisi harga minyak dunia yang mengalam penurunan signifikan serta nilai tukar rupiah yang berfluktuasi. Kenaikan pendapatan tersebut juga mendapatkan kontribusi dari pengoperasian pipa transmisi gas bumi Kalija I oleh PT Kalimantan Jawa Gas dan hasil kontribusi penjualan gas dari sektor hulu melalui SEI.

PGN menyalurkan gas bumi sebesar 1.613  juta kaki kubik per hari (MMSCFD) selama semester pertama tahun 2016, meningkat dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar 1.554 MMSCFD dengan rincian volume gas distribusi sebesar 796 MMSCFD, naik dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar 790 MMSCFD dan volume transmisi gas bumi sebesar 816 MMSCFD, naik dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar 763 MMSCFD.

Pada kuartal III, infrastruktur pipa gas PGN bertambah sepanjang lebih dari 241 km dan saat ini mencapai lebih dari 7.267  km atau setara dengan 78 persen pipa gas bumi hilir nasional. Dari infrastruktur gas bumi tersebut, PGN memasok gas bumi ke lebih dari 119.960 pelanggan rumah tangga. Selain itu, 1.929  usaha kecil, mal, hotel, rumah sakit, restoran, hingga rumah makan, serta 1.630 industri berskala besar dan pembangkit listrik.

Faktor ekonomis, keamanan, dan stabilnya pasokan menjadi faktor-faktor yang menyebabkan semakin meningkatnya pelanggan PGN di berbagai daerah di Indonesia. Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk meningkatkan perekonomian nasional. Kepiawaian PGN untuk tetap menjaga komitmennya semakin memantapkan hati masyarakat Indonesia untuk melekatkan label gas bumi murah kepada PGN sebagai satu-satunya BUMN yang bergerak di bidang transportasi dan distribusi gas bumi terbesar di negeri ini.

“Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi.”

 

 

Advertisements

One thought on “Gas Bumi Murah, Komitmen PGN untuk Masyarakat Indonesia

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s